Headline

Kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot valas antar bank Jakarta, Kamis (12/12/2013) ditprediksi melemah seiring peluang berlanjutnya arus capital outflow.

Analis senior Monex Investindo FuturesAlbertus Christian mengatakan, Kamis ini, rupiah masih berpotensi melemah lebih lanjut. "Rupiah akan menguji level 12.115 dan bawahnya masih terbatas di 11.910. Rupiah masih terpengaruh negatif oleh faktor capital outflow,"

Pada saat yang sama, lanjut dia, dolar AS berpeluang menguat seiring dengan peluaangtapering dari bank Sentral AS, The Fed pekan depan.

Sementara itu, dari data ekonomi sebenarnya masih cukup minim. Akibatnya, fokus pasar masih tertuju pada spekulasi tapering. "Semalam tidak ada data ekonomi penting yang dirilis di AS," ujarnya.

Nanti malam, lanjut dia, pasar akan mendapatkan data retail sales AS yang diperkirakan masih positif. Angkanya sudah diprediksi naik ke 0,6% dibandingkan sebelumnya 0,4%.

Kenaikan tingkat belanja konsumen tersebut, menurut Christian, bisa menjadi tambahan alasan yang kuat bagi The Fed untuk melakukan tapering. "Terutama, setelah adanya kesepakatan anggaran AS untuk mengurangi defisit dalam jangka dua tahun antara ketua komite anggaran DPR AS dari Partai Republik dan Partai Demokrat," papar dia.

Selanjutnya, kata dia, tinggal menunggu pengambilan voting. Jadi, kemungkinan shutdown AS babak II terhidar. "Khususnya, jika pengambilan voting sudah dimulai dan rumusan anggaran tersebut tidak bermasalah," tandas dia.

Keputusan bipartisan itu, dia menegaskan, tinggal menunggu persetujuan baik dari Senat maupun DPR AS. "Diekspektasikan, pada bulan ini sudah terjadi voting. Secara keseluruhan, kondisi itu masih berpengaruh positif untuk dolar AS sehingga menjadi tekanan negatif bagi rupiah," imbuhnya.

Asal tahu saja, kurs rupiah terhadap dolar AS  di pasar spot valas antar bank Jakarta, Rabu (11/12/2013) ditutup melemah tipis 5 poin (0,04%) ke posisi 11.985/11.995. 

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons