Keputusan Fed Tentukan Nasib Rupiah

Kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot valas antar bank Jakarta, Kamis (19/12/2013) diprediksi sangat tergantung pada hasil keputusan Fed dini hari tadi.

Analis senior Monex Investindo FuturesZulfirman Basir mengatakan, laju rupiah Kamis ini sangat tergantung pada keputusan tapering dari The Fed dini hari tadi. Namun demikian, nadanya tetap masih cenderung penguatan dolar AS.

"Karena itu, rupiah cenderung melemah dalam kisaran agak lebar 12.100 hingga 12.250 per dolar AS,

Dia menjelaskan, jika dinihari tadi Fed mengabil kabeijakan tapering, sudah dipastikan dolar AS menguat. "Sebab, hingga kemarin baru sepertiga ekonom yang memprediksi tapering akan mulai diputuskan pada Desember ini. Sebagian besar ekonom tidak mengantisipasi tapering bulan ini," ujarnya.

Di sisi lain, lanjut dia, jika The Fed tidak mengumumkan tapering dini hari tadi, sudah diprediksi pidato Gubernur The Fed Ben Bernanke dapat mensiyalkan kemungkinan tapering pada Januari ataupun Maret 2014.

"Hal tersebut masih memicu penguatan dolar AS. Yang terpenting, poinnya adalah tapering Fed segera terjadi,

Namun demikian, kata dia, pasar ingin melihat, apakah ada kebijakan baru untuk meng-counter efek negatif dari tapering yakni kenaikan yield obligasi pemerintah AS. "Kenaikan yield ini yang tidak diinginkan oleh The Fed,

Artinya, Firman menegaskan, kalaupun tapering, Fed bisa juga mengiriginya dengan nada dovish. "Pasar ingin melihat kebijakan apa yang dovish itu untuk mengimbangi efek tapering-nya," ucapnya.

Semalam pasar cenderung wait and see, ingin melihat tapering jadi atau tidak. "Jika tidak, pasar ingin tahu sinyal kapan tapering akan dimulai. Kalaupun tapering, pasar ingin melihat tapering tersebut seberapa banyak," 

Kalaupun tidak ada tapering, kata dia, potensi penguatan rupiah tetap hanya terbatas. Sebab,ekonomi domestik sedang alami banyak masalah. "Apalagi, kalaupun The Fed tak memulai tapering, akan memberikan sinyal hal itu kapan dimulai. Secara umum, nadanya masih penguatan dolar AS,"

Semalam, AS juga merilis data tapi kemungkinan akan dibaikan oleh pasar. "Data building permit AS sudah diprediksi turun dari 1,039 juta menjadi 990 ribu," imbuhnya.

Asal tahu saja, kurs rupiah terhadap dolar AS  di pasar spot valas antar bank Jakarta, Rabu (18/12/2013) ditutup melemah 65 poin (0,53%) ke posisi 12.175/12.180.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons