SMGR dan KRAS Bangun Pabrik Slag Powder Rp440 M

Headline

PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) bersama PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) bentuk perusahaan patungan dengan nilai investasi sebesar Rp440 miliar dan modal kerja senilai Rp24 miliar.

Dirut PT Semen Indonesia Tbk, Dwi Soetjipto mengatakan, perusahaan patungan ini bernama PT Krakatau Semen Indonesia (KSI) yang bergerak di bidang produksi Slag Powder yang akan mengolah Granualated Blast Furnace Slag (GBFS) menjadi Ground Granulated Blast Furnace Slag (GGBFS).

"Investasinya sebesar Rp440 miliar dan perusahaan patungan ini berdiri di atas lahan seluas 40 ribu meter persegi dan berlokasi di Desa Tegal Ratu, Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon, provinsi Banten," kata Dwi eusai Penandatanganan Mou tentang pendirian perusahaan dengan nama PT Krakatau Semen Indonesia di Jakarta, 

Menurut Dwi, Slag powder yang dihasilkan oleh perusahaan patungan ini akan digunakan oleh perseroan untuk memproduksi semen portland komposit (Portland Composite Cement). "Bahan baku KSI berasal dari produk granulasi slag blast futnace Krakatau Steel dan Krakatau Posco, kemudian diolah menjadi Ground Granulated Blast Furnance Slag (GGBFS) sebagai bahan baku semen atau peruntukan lainnya,

Sementara itu, Dirut Krakatau Steel, Irvan K Hakim mengatakan, kerja sama ini dapat meningkatkan pendapatan perseroan dan memberikan kontribusi bagi pengurangan emisi karbondioksida CO2 serta mengamankan pasokan bahan baku untuk keperluan industrisemen.

"Pabrik Slag Powder ini dirancang mampu mengolah Granualated Blast Furnace Slag (GBFS) sebesar 750.000 ton per tahun, pembangunan pabrik direncanakan di mulai awal 2014 dan ditargetkan dapat beroperasi awal tahun 2016,

Menurut Irvan, dalam kurun waktu masa konstruksi pabrik slag powder tersebut, perusahaan patungan (JV Co slag powder) akan melakukan trading atau penjualan ke pihak ke tiga.

Total investasi atas proyek patungan ini mencapai Rp440 miliar dan modal kerja sebesar Rp24 miliar. Adapun pendanaan EPC termasuk IDC menggunakan dana pinjaman dan ekuitas dengan komposisi sebesar 70% berbanding 30%. Porsi dana pinjaman tersebut sebesar Rp308 miliar dan dana ekuitas sebesar Rp132 miliar.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons